LARANGAN PERAYAAN TAHUN BARU MASEHI BAGI UMAT ISLAM PART 1


Ketika tahun baru masehi itu tiba, mayoritas manusia, baik di belahan dunia bagian Barat maupun di Timur, akan merayakannya dengan meriah. Hampir tidak ada manusia yang rela ketinggalam perayaan tahun baru itu. Meskipun di tengah hujan, asal bukan hujan deras, menjelang tengah malam mereka tetap memaksakan keluar rumah untuk bisa merayakan Tahun Baru.

Adakah orang Islam di dalam perayaan itu? Jawabnya tentu banyak. Bahkan di daerah kita ini kebanyakan yang merayakan adalah orang Islam. Sebab mayoritas penduduknya beragama Islam.

Bila ada orang mengaku beragama Islam tetapi dengan enteng dan tanpa merasa berdosa ikut serta merayakan tahun baru, maka sebenarnya itu adalah sikap yang aneh. Mungkin Anda akan bertanya, ”Apa salahnya ikut merayakan Tahun Baru? Dan di manakah letak keanehannya jika seorang muslim merayakan tahun baru?”

Maka setiap masyarakat pasti memiliki hari raya, sebagaimana sabda Rasulullah kepada Abu Bakar ketika Abu Bakar hendak melarang pembantu Aisyah memainkan rebana,

يَا أَبَا بَكْرٍ دَعْهُمَا فَإِنَّ لِكُلِّ قَوْمٍ عِيْدٌ وَهَذَا عِيْدُنَا

Biarkanlah wahai Abu Bakar, karena setiap kaum memiliki hari raya, dan ini adalah hari raya kita (HR Bukhari dan Muslim)

Sebagaimana ditegaskan oleh Rasulullah, hari raya bagi umat Islam hanya ada dua hari raya saja, yaitu iedul fitri dan iedul adha.

إِنَّ اللهَ قَدْ أَبْدَلَكُمْ بِهِمَا خَيْراً مِنْهُمَا، يَوْمَ اْلأَضْحَى وَيَوْمَ الْفِطْرِ

Sesungguhnya Allah telah menggantikan untuk kalian keduanya (dua hari raya masa Jahiliyah) dengan yang lebih baik. Yaitu Hari Raya Adha dan Hari Raya Fitri (HR Abu Dawud)

to be continue…
(permintaan dari saudara kita james ningrat) MiguMa MeiLa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s