BANGKIT BAGI GURU


Assalammualaikum. apa kabar sahabat-sahabat??? ya smoga rahmat dan hidayah Allah senatiasa bersama hambanya yang sedang ikhlas berjuang utk hidup didunia. senatiasa memperbaiki diri walo kita tau kita bukan orang terbaik tapi kita senatiasa berusaha melakukan perbaikan. wah ada cerita selama mengajar di sd ternyata menjadi guru tidak semudah membalikan telapak tangan dan tak seringan mentransfer aliran listrik yang cepat jalan asalkan ada kabel.

sempet bebrapa kali saya melakukan pengajaran sewaktu observasi dari kelas 3,4 dan 5 ternyata luar biasa masih sulit sekali penerapan apa yang dinamakan model atau metode dan bahkan strategi yang kita dapatkan di kampus.hal ini dikarenakan sistem pembelajran yang berlaku masih menganut pembelajaran yang terpusat pada guru. tapi ketika siswa diajak bermain maka atau bernyanyi siswa akan antusias skali.. tapi bukan berarti kita patah semangat untuk belajar. sekedar bayangan agar ketika di sd nantinya kita dapt melakukan yang terbaik dan sukses membawa perubahan demi dunia pendidikan yang lebih baik.

Ya, selama ini siswa daptkan di sd adalah pembelajaran yang hanya berasal dari buku. kurangnya kreatifitas guru dalam pembelajaran membuat siswa cenderung bosan dan enggan mendalami pembelajaran. hal itu menjadi tantangn bagi guru untk membuat pembelajran yang lbih bermakna sehingga siswa dapt memanfaatkan potensi yang dimiliki yang sebenarnya sungguh amat luar biasa dasyat.

guru hendaknya lebih mengenal siswa melaui pendekatan itulah guru melakukannya sehingga akan mudah menapaki gejala-gejala masalah yang dihadapi berupa kesulitan belajar. semangat kawan perjuangan baru dimulai trus belajar dan menggali ilmu, dan jangan malu untuk bertanya. saya terkesan dengan puisi dibawah ini resapi dan hayati, insyallah menumbuhkan motivasi bagi kita semua

Bangkit itu Susah…

Susah melihat anak didik susah

Senang melihat anak didik senang

Bangkit itu Takut…

Takut untuk gagal

Takut untuk tidak dapat melaksanakan tugas-tugas pembelajaran dengan baik

Bangkit itu Malu…

Malu menjadi benalu

Malu karena minta petunjuk mmelulu

Bangkit itu Marah…

Marah bila martabat guru dilecehkan

Marah bila dicap sebagai guru tidak profesional

Bangkit itu Mencuri…

Mencuri perhatian dunia pendidikan dengan prestasi

Mencuri kreativitas demi keberhasilan anak didik sendiri

Bangkit itu Tidak ada…

Tidak ada kata menyerah

Tidak ada kata putus asa

Karena demi anak bangsa

Bangkit itu Aku…

Guru untuk anak didikku

Diadaptasi Oleh: Masnur Muslich

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s