RPP BAHASA INDONESIA KELAS IV


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Sekolah : SD N 11 Metro Pusat
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : IV/1
Tema : Kesehatan
Alokasi Waktu : 2 × 35 menit (1 pertemuan)

Standar Kompetensi :
1. Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah dan simbol daerah/lambang
korps.

Kompetensi Dasar :
1.2 Menjelaskan kembali secara lisan atau tulis penjelasan tentang simbol daerah/
lambang korps.

Indikator :
1. Mampu menjelaskan kembali secara lisan tentang simbol-simbol kesehatan.
2. Mampu menjelaskan kembali secara tertulis tentang simbol-simbol kesehatan
3. Mampu membuat kliping gambar simbol-simbol kesehatan.

I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan kembali secara lisan tentang simbol-simbol kesehatan.
2. Siswa dapat menjelaskan kembali secara tertulis tentang tentang simbol-simbol kesehatan.
3. Siswa dapat memahami tentang tentang simbol-simbol kesehatan.
4. Siswa dapat membuat kliping gambar simbol-simbol kesehatan.

II. Materi Pembelajaran
1. Simbol/Lambang kesehatan

III. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Tanya jawab
3. Demonstrasi
4. Penugasan

IV. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

a) Kegiatan Awal
1) Salam
2) Berdoa.
3) Siswa diabsen dan ditanya keadaannya
4) Menyiapkan materi ajar, modul dan alat peraga
5) Mengondisikan peserta didik.
6) Apersepsi: Guru mengulas materi sebelumnya dan bertanya jawab mengenai lambang korps dan simbol daerah.
7) Siswa disampaikan tujuan pembelajaran hari ini.

b) Kegiatan Inti
1) Siswa membuka buku Bahasa Indonesia, halaman 41-42.
2) Siswa mengamati gambar simbol-simbol dan membacanya (5 menit).
3) Siswa menutup bukunya kembali.
4) Siswa dibacakan penjelasan simbol daerah tersebut (2x).
5) Siswa mendengarkan dan mencatat.
6) Siswa menjelaskan kembali secara tertulis.
7) Siswa pekerjaan ditukarkan dengan teman sebangku.
8) Siswa membuka buku Bahasa Indonesia untuk mencocokkan dengan bimbingan guru.
9) Siswa yang mengerjakan paling sesuai/yang terbaik diberi hadiah dari guru dan siswa lain berupa tepuk tangan.
10) Siswa membentuk kelompok untuk membuat kliping dan guru membimbing.

c) Kegiatan Akhir
1) Siswa dan guru melakukan refleksi menyimpulkan kegiatan pembelajaran secara bersama-sama.
2) Siswa diberi tugas rumah secara berkelompok membuat kliping gambar simbol daerah.
3) Salam dan penutup
V. Sumber Belajar
1) Buku Bahasa Indonesia Untuk SD/MI Kelas IV, Kaswan Darmadi dkk.., 2008
2) Chart (gambar)

VI. Penilaian
1) Teknik : Tes tulis, tes lisan tes unjuk kerja,
2) Bentuk Instrumen : soal esaian
3) Instrumen : Penugasan (menggunakan Lembar Kerja Siswa). Terlampir pada buku Bahasa Indonesia halaman 41-42

Soal/ Instrumen pertanyaan
Jelaskan kembali arti lambang dibawah ini dengan benar
1) Ditempat terbut dilarang merokok
2) Tempat pembelian obat atau Apotek
3) Rumah sakit
4) Palang Merah Indonesia

Penilaian
Disetiap soal dengan jawaban benar memiliki bobot penilaian sebesar 2,5.
Jadi sekor total 4 x 2,5 = 10

Guru praktikkan

Teguh Prasetyo
NPM.0713053056

One thought on “RPP BAHASA INDONESIA KELAS IV

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s